Apa itu Online Payment Gateway dan Tips Memilihnya

Online payment gateway semakin dibutuhkan untuk membantu memudahkan dalam transaksi pembayaran. Bagi anda yang menjalankan bisnis online, sistem payment gateway yang satu ini jelas menguntungkan dan mendukung kelancaran bisnis anda. Hanya saja, tak semua penyedia payment gateway bisa menjalankan fungsinya secara optimal sehingga anda tak memperoleh manfaatnya. Oleh karena itu, pastikan anda memilih payment gateway yang tepat.

Online Payment Gateway

Perlu untuk anda ketahui, payment gateway diibaratkan sebagai gerbang keluar masuk yang memudahkan dalam melakukan transaksi secara online. Dengan payment gateway, anda bisa menerima dana dari konsumen. Dalam hal ini, ada berbagai pilihan metode transaksi pembayaran yang bisa diterapkan pada website bisnis anda. Misalnya saja, melalui transfer bank, outlet retail seperti Alfamart dan Indomart, hingga kartu debit/kredit. Dengan payment gateway, semua transaksi pembayaran yang anda lakukan bisa selesai secara cepat dan mudah. Hal ini dikarenakan proses pembayaran melalui payment gateway sangatlah praktis.

Tips Memilih Online Payment Gateway

Untuk membantu anda melakukan payment (pembayaran) secara online, dibutuhkan gateway (gerbang jaringan) sehingga transaksi bisa berjalan secara lancar. Kehadiran payment gateway ini juga bisa mempengaruhi semua aspek di dalam bisnis yang anda lakukan. Mulai dari pengalaman dan kesan konsumen, biaya yang harus dibayarkan hingga sistem keamanan yang diterapkan. Demi kelancaran pembayaran yang dilakukan, pastikan anda menggunakan payment gateway terbaik. Pada kesempatan kali ini, kami akan bantu anda dengan membagikan beberapa tips memilih online payment gateway selengkapnya.

1. Efektifitas Waktu

Hal pertama yang perlu anda pertimbangkan ialah efektifitas waktu. Pastikan anda memilih payment gateway yang tak banyak menyita waktu anda. Dengan begitu, anda bisa fokus pada hal-hal penting dalam menjalankan bisnis. Dalam hal ini, penting bagi anda untuk tahu terkait seberapa cepat anda akan memperoleh pembayaran dari penjualan yang dilakukan.

2. Memberikan Kesan Baik

Ketika anda memilih payment gateway, pastikan anda mengecek bagaimana User Interface (UI) yang digunakan. Perlu dipahami, UI sangat mempengaruhi kenyamanan dan kemudahan konsumen dalam memesan maupun membayar. Selain itu, perhatikan juga layanan dukungan yang ditawarkan untuk konsumen jika sewaktu-waktu mengalami masalah terkait sistem pembayarannya.

3. Kelola Uang

Bagus tidaknya payment gateway juga bisa anda lihat dari metode pengelolaan keuangan yang dilakukan. Payment gateway yang berkualitas mempunyai struktur biaya terorganisir dan transparan. Pada umumnya, pihak payment gateway akan memungut biaya transaksi, biaya setup dan biaya bulanan. Sebelum anda memilih payment gateway, pastikan tak ada biaya yang tersembunyi.

Supaya tak merasa kecewa nantinya, anda juga bisa meminta total biaya yang dibebankan pada anda. Mungkin pihak payment gateway menetapkan biaya yang tampak lebih rendah, akan tetapi tanpa anda ketahui, anda justru harus membayar biaya bank. Payment gateway yang baik biasanya akan menawarkan free trial yang bisa anda gunakan secara gratis pada e-commerce.

4. Sistem Keamanan

Dalam mekanisme pembayaran secara online, data kartu kredit dan pribadi cukup rentan terhadap pencurian atau bahkan bisa berujung penyalahgunaan data. Maka dari itu, pastikan anda memilih payment gateway yang memiliki sistem keamanan tinggi untuk mengenkripsi data konsumen sehingga tetap aman.

Sebagai pilihan terbaik, anda bisa percayakan kepada Prismalink. Perusahaan Prismalink siap membantu anda dengan memberikan kemudahan dalam proses transaksi pembayaran secara online. Bahkan Prismalink telah menjalin kerjasama dengan bank-bank besar sehingga semakin menguntungkan anda. Online payment gateway ini tak akan membuat anda kecewa.